twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

NetStat (Network Statistics)

Netstat (Network Statistics) merupakan command line tool yang menampilkan statistik protocol TCP/IP, dan koneksi aktif ke dan dari komputer. Netstat juga menyediakan opsi untuk menampilkan jumlah byte yang dikirim dan diterima, termasuk paket jaringan yang gagal (jika ada). Kita bisa menggunakan tool ini, agar cepat memverifikasi bahwa komputer kita bisa mengirim dan menerima informasi melalui jaringan. Untuk informasi lebih lanjut tentang Netstat, klik Use Tools to view your computer information and diagnose problems pada Help and Support Center.
Netstat juga digunakan untuk mengetahui konfigurasi suatu jaringan dan aktivitas yang terjadi di jaringan tersebut serta statistiknya, menampilkan tabel routing, menampilkan services yang berjalan pada Windows, menampilkan port protokol komunikasi yang sedang terjadi baik itu jaringan lokal (LAN) maupun jaringan internet.

Perintah netstat digunakan untuk mengetahui koneksi apa saja yang keluar masuk dalam sebuah jaringan. Netstat mengambil informasi networking ini dengan cara membaca tabel routing dari kernel yang terdapat dalam memori.
Dalam RFC pada Internet Tool Catalog, defenisi netstat adalah sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mengakses jaringan yang berkaitan dengan struktur data dalam kernel, serta menampilkannya dalam bentuk format ASCII di terminal. Netstat dapat memberikan laporan dari tabel routing, koneksi listen dari TCP, UDP, dan protokol manajemen memori.

Keberadaan netstat ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui server yang sedang terkoneksi melalui port tertentu saat port tersebut dalam kondisi terbuka. Misalnya jika kita ingin mengakses port 23 (telnet), tentu saja port tersebut haruslah terbuka dahulu supaya bisa diakses. Untuk melakukan hal ini, keberadaan netstat ini sangat membantu sekali.

Fungsi-fungsi dari netstat diantaranya :
a.Untuk menampilkan routing table
b.Untuk menampilkan statistik interface
c.Untuk menampilkan informasi tambahan interface
d.Untuk menamplikan soket network
e.Untuk menampilkan semua soket yang open
f.Untuk menampilkan kesimpulan statistik dari tiap protokol

Berikut ini parameter lain yang bisa digunakan untuk perintah netstat :
1.Netstat -a , menampilkan semua koneksi baik yang listening maupun yang tidak listening. Opsi -a berguna untuk menampilkan seluruh port dan koneksi yang terbuka pada sistem lokal.
2.Netstat -e, menampilkan statistik paket yang dikirim dan yang diterima
3.Netstat -n, menampilkan alamat dan port dalam bentuk numerik.
Penggunaan opsi -n yang akan menampilkan IP address saja, sebagai ganti dari nama domain. Opsi ini ditampilkan dalam bentuk numerik dan opsi -n juga tidak menampilkan koneksi melalui protokol UDP.
4.Netstat -o, menampilkan PID (Process ID) untuk setiap koneksi
5.Netstat -s, menampilkan statistik per protokol
6.Netstat -r, menampilkan routing table
7.Netstat -p protokol, menampilkan statistik berdasarkan protokol tertentu

2 komentar:

ariefborneo mengatakan...

Kunjunan perdana...naice info n naice blog...lam knal z...thxs

fauziah mengatakan...

tengkyu...salam kenal jg...

Posting Komentar